Senin, 07 April 2014

Observasi Pertama




























Tugas Pendidikan Jasmani Adaptif
Observasi SLB Negri Karawang




Disusun Oleh:


Kelas : 6C
Raden Ilham Ramat Hidayat
Asep Saepudin
Ovi Nopianti
Restu Fawzy Idris
Asep Firdaus
Sarja Wiguna
Sukaryan
Suhardi
Tri Nugroho



FAKULTAS KEGURUN dan ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG






Perencananaan

1.  Pelaksanaan                       : Selasa 18 Maret 2014
2.  Tempat                               : SLB Negeri Karawang
3.  Alamat                               : Desa Cengkong Kec.Purwasari Kab.Karawang
4. Pembuatan surat izin          : Jum’at 14 Maret 2014
5. Tujuan Observasi                :
·         Untuk mengetahui definisi dan karakteristik dari anak tunarungu.
·          Untuk mengetahui perbedaan sekolah reguler dengan sekolah khusus bagi anak tunarungu.
·          Untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilaksanakan bagi anak tunarungu.


Metode Pencarian Data
1.     Wawancara
2.     Pengamatan
3.     Mengambil Foto & Video

TENTANG NARASUMBER
Nama                          : Yeti Kurniati
Riwayat Pendidikan    : D3 IKIP, S1 UPI (PLB), S2 UPI (PKKH)
Status                          : Menikah
Jumlah Anak                : 3
Asal Kota                     : Bandung
Jabatan                        : Kepala Sekolah SLB Negeri Karawang
Lama Menjabat          : Januari 2013






SUSUNAN PERTANYAAN
1. Jelaskan secara singkat apa yang melatar belakangi didirikannya SLB?
2.  Apa tujuan dan harapan didirikannya SLB?
3.  Sudah berapa lama didirikannya SLB?
4.  Apakah SLB di sini di kualifikasikan/ di kelompokan  kekurangan anak yang dimiliki? Contoh: tunarungu dengan tuna rungu?
5.  Apa perbedaan sekolah Reguler dan SLB?
6.  Bagaimana proses pembelajaran Khususnya bagi anak tunarungu?
7.  Bagaimana cara berkomunikasi pada saat pembelajaran?
8.  SLB di sini ada berapa kelas dan tingkatannya apa saja?
9.  Ada berapa jumlah murid yg ada di sini?
10. Bagaimana karakteristik anak tunarungu dari segi fisik, segi bahasa, sosial  emosional.?
 Jawaban Berdasarkan Hasil Wawancara Pada Rekaman :
1. Latar belakang  didirikannya SLB:
·        Karena Jumlah SLB di karawang belum berkembang cuma ada 2 dari 30 kecamatan yang ada di karawang,harusnya di setiap kecamatan ada 1 SLB.
2.  Tujuan  dan Harapan didirikannya SLB:
·        Agar anak-anak ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) bisa mandiri
·        Agar anak-anak ABK tidak menjadi bahan olok-olokan masyarakat
·        Agar anak-anak ABK bisa sekolah sama seperti anak-anak yang lain
·        Agar anak-anak ABK bisa Berkembang
3. SLB Negeri Karawang ini didirikan  pada tahun 2012 dan operasional dimulai Juni 2013.
4.  ya, sudah pasti di kelompokan sesuai kekurangan anak-anaknya. Anak yang tunarungu dengan yang tunarungu dan yang lainnya juga sama.
Karena Jenis-jenis anak-anak ABK ada bermacam-macam:
·        Tuna Rungu
·        Tuna Grahita
·        Tuna Daksa
·        Autis
·        Tuna Netra
·        Hiper Aktip
5.  Perbedaan sekolah Umum dan SLB adalah:
·        Murid yang diajarkan tidak bisa langsung duduk dan masuk kelas
·        Tidak bisa langsung masuk  ke materi
·        Murid di SLB dalam 1 kelas jumlah Max 5 murid
·        Belum bisa langsung tatap muka dengan guru
·        Dari segi Kurikulum menggunakan kurikulum khusus yang mengacu pada kurikulum nasional serta sudah di modifikasi sesuai kebutuhan.
6.  Proses pembelajaran bagi anak tunarungu:
·        Sama pada umumnya tapi banyak di modifikasi
·        Tidak terbatas oleh dinding tembok bisa di kelas maupun di luar kelas
·        Metode pembelajaran individual dan layanannya individual
7.   Dari segi komunikasi pada saat pembelajaran :
·        Menggunakan bahasa isyarat
·        Baca bibir
8.  Di SLB terdiri dari 6 kelas,kalau di SLB bukan kelas tetapi rombel 14. Tingkatan pendidikan disini 1 atap dari SD,SMP dan SMA.
9.  Jumlah murid yang ada di SLB ini ada 40 siswa SD semua  
10. Karakteristik anak penderita tunarungu dari segi
·        Fisi                                   : Normal
·        Bahasa                              : Menggunakan bahasa isyarat
·        Sosial dan emosional         : Masih labil dan harus dikendalikan emosinya.



3 komentar:

  1. GOOD JOB,,,, terima kasih sudah mengerjakan tugas pembuatan blog,,, semoga bermanfaat bagi pembaca lainnya,,, selanjutnya tolong di unggah/publish hasil observasi dan penjelasan umum tentang penjas adaptif secara umum,

    BalasHapus
  2. penulisan kata zigzag agar tidak salah

    BalasHapus
  3. iyah makasih masukannya pa :)

    BalasHapus